Halaman

Minggu, 23 Oktober 2011

Es Cendol

Dari dua hari yang lalu entah mengapa mendadak ingin minum eh makan es cendol elizabeth yang dijual di Bandung T____T. Daaaaaan seperti biasa daripada meratapi nasib 'tidak' mungkin beli ke Bandung, akhirnya saya mulai mencari resep cendol dan  jatuhlah pilihan saya pada resep es cendol dari tepung hunkwe (Tabloid Nova). Sebenarnya banyak sekali resep es cendol ini tapi mari kita coba satu-satu resepnya sampai menemukan rasa yang mirip dengan es cendol elizabeth. Hasilnya masih kurang memuaskan menurut saya tapi dua orang customer saya (read : suami dan anak) puas dengan es cendol elizabeth KW 3 ini ^_^hihihi terbukti dengan suami tercinta menghabiskan dua gelas es cendol sampai kembung .

Oiya ada satu masalah lagi sebenarnya saya tidak menemukan toko yang menjual cetakan cendol tapi *trink* saya lihat plastik pengukus  magic com , biasanya berwarna putih dan berlubang bulat kecil. Dengan nekad saya mencoba memakai sebagai cetakan cendol alakadarnya dan lagi-lagi hasilnya memuaskan ^_______^ *jingkrakjingkrak

Ingredients:


Cendol

100 gr tepung hunkwe
50 gr tepung beras
100 ml air daun pandan dan suji
600 ml air
1 sdt garam
5 bh daging buah nangka, potong-potong (gak nemu nangka :( )
es batu, secukupnya

Saus gula merah (didihkan, saring):
500 gr gula merah
100 gr gula pasir
200 ml air
3 lbr daun pandan


Kuah santan (didihkan):
1500 ml santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan
notes : kalau ingin lebih sehat, santan tidak perlu didihkan tapi direndam dengan air panas matang lalu diperas dan disajikan 




Directions:


-Campur tepung hunkwe, tepung beras, air daun suji, air, dan garam, aduk rata lalu masak sambil diaduk sampai adonan matang dan meletup-letup.









- Siapkan air matang dalam wadah, lalu taruh cetakan cendol (saya pakai plastik pengukus magic com) di atasnya. Tuang adonan cendol secukupnya, tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis.





-Sajikan cendol dengan saus gula merah, saus santan, dan es batu.



Hasil jepretan kurang memuaskan karena cuaca mendung gak ada matahari :( trusss baby H keburu nangis minta gendong ya sudahlah hasilnya alakadarnya.... maappppp T___________________T *nyeruput cendol*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar