Halaman

Sabtu, 04 Februari 2012

Tulang Jambal

Setelah jemput Haura sekolah seperti biasa mampir ke warung sayuran langganan, tidak sengaja melihat tulang ikan asin yang masih ada sedikit dagingnya dan pikiranpun langsung melayang ke tulang jambal di Bandung #elus2perut. Tanpa pikir panjang saya langsung menayakan nama ikan asinnya , saat saya menanyakan ikan asin jambal si penjual geleng-geleng kepala (ya iyalahhhhh ini Berau ) #toyorpala. Penjual menatap aneh saat saya mengatakan hanya mau tulangnya saja, mungkin karena kasian saya diberikan harga 5000 perak untuk  satu kantong kresek tulang ikan asin...yihaaaaaa #koproll

Mencoba mengingat rasa si Tulang Jambal , dan beruntungnya saya saat membuka lemari es masih ada persedian cabe gendot oleh-oleh yangti dari Bandung. Rasanyaaaaa maknyossssss...pedas gurih... ahhh pokonya ajib !!!!




Bahan : 
250 gram tulang ikan asin jambal (anggap aja lah ya ini ikan asin jambal) :p
    4 siung bawang merah diiris
    3 siung bawang putih diiris 
    8 buah cabe rawit (sesuai selera) diiris
    1 buah cabe gendot diiris memanjang
       gula merah secukupnya

Cara Membuat :
1. Bersihkan tulang ikan asin sampai bersih lalu disiram air mendidih (rada parno takut kotor)
2. Goreng tulang ikan asin sampai matang lalu tiriskan
3. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe gendot sampai harum lalu masukkan tulang ikan asin dan air secukupnya.
4. jangan lupa masukkan gula merah secukupnya (tidak memakai garam karena asinnya sudah dari ikan nya)




taraaaa..... hasilnya wuenakkkk.. nambah nasi nambah tulang jambal gak berhenti-berhenti ... gak inget badan yg bengkak :) 


Oiya sekalian aku masukkan ke event nya Indonesia Food Party deh ^_^ kuliner khas Jawa Barat tapi saya pun baru merasakannya 1 tahun lalu :) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar